Copyright © It's Fadhli's Lalaland
Design by Dzignine
Sabtu, 22 Maret 2014

REVIEW : Music - Sir Dandy "Lesson #1"

Gua adalah pecinta musik Indonesia. Cinta mati. Eits tapi bukan lagu2 melayu yang mendayu-dayu menjijikkan kayak yang biasanya di radio2. Ato lagu2 yang penyanyinya cuma jual badan, joget2 kayak cacing kepanasan di televisi swasta. Bikin muntah. Band2 yang gua suka adalah band2 indie Indonesia yang masih bagus kualitasnya. Masih top markotop. Menurut gua sih..

Gua, sejak tau cara burning cd, mulai ngumpulin cd2 band indie Indonesia. Sekarang udah lumayan banyak, ada white shoes and the couples company, tulus, speakeasy, endah n rhesa, adhitia sofyan, l’aphalpha, the upstairs, banda neira, efek rumah kaca, tigapagi, dan lain lain. Gua juga download album2 band indie lokal di kota ini kayak silampukau sama taman nada. Anyhow, hari rabu kemarin temen gua minta tolong buat pesenin cd banda neira  di internet buat kakak nya yang lagi ultah, kebetulan gua juga mau beli album cd musik nya tulus baru. Iseng2, gua sekalian beli album CD Sir Dandy, judul albumnya Lesson #1, nah ceritanya tadi sore abang JNE mampir ke rumah gua mengantarkan album2 tercinta ini, sekarang gua mau bikin reviewnya dulu, walaupun gua ga tau apa2 soal musik sih..

 Sir Dandy - Lesson #1
Sir Dandy - Lesson #1
Dari awal gua mulai dengerin lagu indie, baru sekali ini doang ketemu album kayak gini. Mungkin ada lah ya, beberapa lagu yang menurut gua lawak juga, tapi ga separah ini. Ini lawak stadium atas (maap kalo lebay). gua sendiri pernah baca tentang sir dandy di majalah bulanan Provoke! yang kebetulan gua dulu jadi repro nya (semacam perwakilan dari SMA gua buat dateng kalo ada acara dari Provoke!), jadi gua selalu dapet majalahnya dan suatu ketika ketemu sir dandy di halaman provoke. Awalnya gua kira sir dandy lagunya kayak adhitia sofyan, mellow2 menenangkan hati, nyatanya……

Berisi 10 track lagu, album pertama sir dandy ini sukses bikin gua senyum2 sendiri kayak orang gila. Lagunya ringan2 aja. Berbekal gitar kopong dan kata2 maut, sir dandy membuat lagunya gampang dihafal, liriknya kayak pantun, bersajak, berirama di ujung2nya. Dan di setiap track lagu, pasti diawali sama sir dandy ngoceh dulu buat 5 detik-an, sebagai opening gitu ceritanya. Terus juga sir dandy ngasi chord tiap lagu (kecuali lagu Ayo Kita Kerja) di albumnya, mungkin buat bisa bernyanyi bersama. Ada juga quiz kecil2an di albumnya buat dikirm lagi ke alamat yang bersangkutan buat dapet hadiah buat 500 pengirim pertama (katanya sih…). Album yang penuh kejutan. Ga kayak album2 band indie yang lain, yang ini bener2 “wow”.

buruan dikirim yak


lagu sekdrag, seks and drug

Di track Gibson atau Ephiphone, sir dandy bikin lagu ini buat Riko, gitarisnya band Mocca (mungkin mereka sohib-an). Terus track Juara Dunia, di dedikasikan buat Christ John, petinju dari Indonesia, di track ini juga bawa2 nama orang terkenal, tapi gua sih ngertinya sama ariel & luna doang. Sir dandy juga bawa merek dagang ke dalam lagunya jadi sekilas gua kira dia dibayar buat iklan. Terus di akhir album, ada lagu judulnya Tepuk Tangan buat penutup yang menurut gua lumayan. Lumayan aneh buat jadi penutup maksudnya. Ini liriknya

Terima kasih wahai teman-teman
Yang sudah datang dan menyaksikan
Sekarang beri aku tepuk tangan

Sampai jumpa di lain waktu
Waktu dan tempatnya sih belum tentu
Hafalkan saja dulu lirik laguku
Agar kau bisa bernyanyi bersamaku

Sekarang beri aku tepuk tangan
Nanti aku beri tanda tangan
Terima kasih dan cukup sekian

Walaupun lagu2nya nyeleneh semua, lagu2 sir dandy masih lebih layak didengerin daripada denger lagu2 jaman sekarang yang biasanya muncul di televisi swasta Indonesia. Jangan download albumnya sir dandy! Dilarang keras! Mending beli aja yang cd nya. Cuma 35 ribu kok (sama sekali bukan iklan).  Recommend buat yang suka koleksi band2 indie, recommend buat yang suka lagu2 enteng penghibur hati, recommend buat yang abis diputusin pacar, yang lagi di php-in gebetan, ato yang abis liat fotonya mantan sama pacarnya yang baru. Semoga jiwa-jiwa tadi menjadi tenang. Amin..

7.9/10
"coba dengerin pagi2, bikin senyum dan ga ngantuk"