Copyright © It's Fadhli's Lalaland
Design by Dzignine
Rabu, 30 April 2014

REVIEW : Music - Adhitia Sofyan "How To Stop Time"

"so go far, take what you need, I'll be around when everything falls, and then I'll go, run it again, to see if it crashes down the same. but then, I do'nt feel like losing anymore"

itu sepenggal lirik dalam lagu You're In Town karangan mas Adhitia Sofyan dalam album terbaru nya yang mau gua bahas sekarang. lagu itu berhasil bikin gua mewek pas baru putus sama mantan pertama. entah kenapa rasanya pengen bener2 teriakin bait "so, go far! take what you need!" di depan dia. oh well. time passes, now I have mpus. yang lalu biarlah berlalu. okeh langsung aja, gua mau review album terbarunya yang sebetulnya udah lama keluar. cuma karena gua gatel pengen nge review ini album jadi ya ga apa2 lah ya.

How to Stop Time - Adhitia Sofyan

ada sir dandy ngintip noh

cd nya keren ya

kalo lo udah pernah dengerin lagu2nya bang adhitia sofyan di album2nya yang lama, pasti lo semua bakalan agak aneh dengerin album doi yang satu ini. iya wajar aja, improvement di musik2nya di album yang baru ini dibanding 2 album terdahulunya itu banyak banget. kalo dulu, di album quiet down sama forget your plans, itu bener2 ngandelin gitar dan vocal bang adhitia doang. kalo di album ini ketambahan alat musik macem2. gua ga bisa nyebutnya karena ga tau ketambahan apa aja hehe. tapi bener2 ga se sepi 2 album sebelumnya. ini quote yang gua ambil dari blog doi

“Supaya musiknya tambah ramai. Tidak bisa dipungkiri bahwa musik saya adalah ‘musik lemes’ yang punya potensi membuat penonton bosan kalau mereka tidak suka dengan jenis musik seperti ini. Dalam beberapa pertunjukan yang kita adakan sendiri, mungkin tidak menjadi masalah karena penontonnya bisa mendengarkan musik saya apa adanya dan mereka betah. Namun kalau sudah ke acara yang penontonnya lebih umum, tampil 45 menit memainkan lagu-lagu saya bisa bahaya. Tampil dengan band penuh bisa mengangkat mood penonton”

tapi walaupun udah ketambahan instrumen2 baru di album ini, lagu2 bang adhitia sofyan masih khas dengan mellow yang basically seputar percintaan. tapi ga seluruhnya tentang cinta kok. di lagu Tokyo Lights Fade Away, bang adhitia menceritakan pengalamannya dalam malam terakhir di tokyo. trus di lagu Mother, bercerita tentang seorang ibu yang udah meninggal yang melihat anak2nya dari atas sana. ada lagi lagu Secrets Of The World, yang isinya adalah tentang ketika lo berbaring di kasur dan isi otak lo menjadi penuh dengan pertanyaan2 di seluruh semesta ini.

lirik lagu berbentuk booklet dengan gambar dan lirik tulisan tangan yang super ciamik

sebetulnya, kenapa sih nama albumnya itu How to Stop Time? apakah bang adhitia pengen punya kekuatan super biar bisa memberhentikan waktu? (gua juga mau bang kalo bisa beneran). nah ini jawaban dari doi di blog nya

“How to Stop Time punya arti ganda buat saya. Sewaktu mengumpulkan materi untuk album ini, saya merasa ada banyak hal terjadi di sekeliling. Ada banyak pertanyaan tentang kehidupan ini; terutama kalau lagi termenung di malam hari sebelum tidur. Rasanya, kadang-kadang saya ingin menghentikan waktu untuk sekedar istirahat. Tapi kemudian, saya dapat kesempatan untuk melakukan tur ke Jepang beberapa waktu yang lalu. Sejauh ini, kesempatan tur itu adalah pengalaman paling menyenangkan dalam perjalanan bermusik saya. Semuanya sempurna buat saya. Saya tidak pernah itu ingin berakhir, makanya saya ingin menghentikan waktu juga untuk berputar"

album ini, sebelum release di negara nya bang adhitia sendiri pada pertengahan bulan juli tahun 2013, udah 1 bulan lebih dulu keluar di jepang sana. jadi orang indonesia semacam ketinggalan buat dapet album ini. tapi ga apa2, secara gua udah lama lagi dengerin versi gratisannya download di blog doi. dan gua sebelum beli cd nya, sudah merasa cukup puas dengan lagu2nya bang adhitia sofyan versi donlod. tapi trus muncul pertanyaan, kenapa bang adhitia bikin album2nya bisa free di download di blog doi? kenapa ga langsung dijual dalam kepingan kaset aja? apa bedanya download di blog nya dan beli langsung cd nya? pertanyaan itu menghinggap terus2an hingga akhirnya gua iseng nanya di twitter langsung sama doi, dan langsung dijawab

screenshot dari hape, mohon maklum

gara2 tweet itu lah gua langsung beli 2 cd sekaligus. yang How to Stop Time dan Forget Your Plans. karena album yang pertama itu sama aja kayak download, jadi gua ga beli hehe. mungkin diantara orang2 ini ada yang mau sekedar bersilaturahmi ke blog nya bang adhitia sofyan? monggo langsung ke blognya di situ. kalo mau mencoba mendengarkan dan mendownload album How to Stop Time yang free bisa ke sono. dan kalo ternyata ketagihan dan mau mendownload album yang lain, ini koleksi album2 yang bisa didownload di sini.

9/10
"musik mellow yang ga mellow-mellow banget. cocok didengerin buat pecinta musik2 slow"