Copyright © It's Fadhli's Lalaland
Design by Dzignine
Rabu, 07 Mei 2014

Berani Mati atau Berani Hidup?

"mana yang lebih berani? berani mati, ato berani hidup? ayo yang mana? saya percaya, bahwa semua akan seragam jawabannya, dan jawabannya adalah berani mati, betul? dan kalian pikir itu jawaban yang benar? SALAH! berani hidup adalah yang lebih berani. hayo, misalnya kalian dihadapkan pada semua masalah yang menggunung, kalo kalian berani mati, kalian akan bunuh diri, lalu, selesai lah sudah semuanya, semua masalahmu, hutang2mu, dan lain2. kalo kalian berani hidup? perlahan kalian akan mencoba menyelesaikan masalah kalian satu2 dengan gigih. masih berfikir bahwa berani mati itu lebih baik?"
-pak Ponco, 26 april 2014-

kira2 itu yang dibilang pak ponco pas gua ikut acara AIH sama kampus gua, perjalanannya di sini kalo penasaran. belakangan, gua kepikiran kata2 itu terus. gua sedang dirudung masalah. well, kalo dari sudut pandang lo mungkin bukan masalah ye, tapi gua nganggepnya sebagai masalah. semenjak pilih jadwal kuliah sendiri, hidup gua jadi berantakan. pola makan dan tidur udah ga sama kayak manusia2 pada umumnya. gua itu cuma ikut 5 pelajaran kalo di kampus, ditambah kelas asistensi berarti gua cuma masuk 7 kelas seminggu. lalu, jadwal gua yang berantakan itu sebetulnya gara2 itu hasil ngais-ngais kelas soalnya kelas ynag udah gua incer udah penuh semua. resek abis, semuanya gua limpahkan kepada internet gua yang lemot pas peng-input-an mata pelajaran. jadwal gua itu senin jam 4 sampe jam setengah 6, ditambah les jadi gua pulang setengah 8 malam. selasa jam 4 sampe jam setengah 7. rabu jam 7 pagi sampe jam setengah 12 siang. kamis gua libur. jumat dari jam 7 pagi sampe jam 3 sore, lanjut lagi les dari jam 6 sampe setengah 8 malam. 

gua suka banget begadang, kalo tiap ada kesempatan, gua pasti begadang. kalo dulu semester 1 gua cuma begadang jumat malam sama sabtu malam doang, sekarang gua begadang tiap hari kecuali hari selasa sama hari kamis. karena kebiasaan tidur dini hari, otomatis jam tubuh gua juga berubah. kemarin malam gua sakit demam, gua minum obat. tapi walaupun udah baring di kasur, tetep aja ga bisa tidur. akhirnya baru bisa tidur jam 1 kurang. hari ini gua nguap terus pagi tadi gara2 kurang tidur.

selain pola tidur, pola makan juga ga bisa bener. gua karena kalo tidur jam 1 dini hari, gua kebiasa bangun jam 10 pagi kalo kebetulan ga ada kelas ato kelasnya sore. layaknya orang yang baru bangun, gua minum kopi jam 10. kalo udah minum kopi, perut gua kenyang, jadi gua biasanya ga makan siang. nanti kalo udah di kampus buat kuliah sore baru mulai kelaparan. tapi gua makan? enggak, duitnya gua simpen. kalo hari selasa gua selesai kuliah bisa pulang langsung jam 7. langsung makan di rumah, kalo hari senin? baru jam 8 pulangnya. baru makan nasi jam segitu juga. hari rabu, karena dipaksa bangun pagi, jadi gua biasanya ga makan siang, sampe rumah, shalat, langsung tepar di kasur, bangun sore, ngopi lagi.. hari jumat karena full di kampus dari pagi sampe sore, biasanya gua ga makan sama sekali, paling cuma beli susu buat ganjel perut. ato kadang beli pentol..

gara2 pola makan ga beres, gua kalo pulang dari kuliah ato les suka capek super sangat. pulang2 mesti badan gua anget. rasanya masuk angin udah jadi oleh2 setiap hari buat dibawa pulang karena kena angin malam terus. kemarin gua oleng pas lagi markir motor di halaman rumah, untung ga jatoh beneran. kalo jatoh, motor gua pasti rusak, diomelin sama bokap deh --" bukan pertama kalinya oleng. udah sering kalo pulang malem gua bawa motor suka oleng sendiri. mata jadi kabur, kriyep2 gitu, capek. untung masih kuat bawa motornya sampe rumah, tapi nanti kalo udah sampe rumah sukanya makan abis gitu begadang lagi malemnya --"

orang rumah rajin banget ngomelin gua. gara2 sering begadang sama makan gua ga teratur dan ga makan sayur dan buah. terutama nyokap. wah kalo udah ngomel, gua harus makan baru berenti ngomel nyokap gua. besoknya gitu lagi, besoknya gitu lagi. ya allah, maafkan anakmu ini emak.. 

gara2 jadwal kuliah juga gua sukses jadi forever alone di kampus. setiap hari, kalo kelas, gua selalu duduk sendirian, pake headset dan ga punya temen bicara. ga percaya? percayalah wkwkwk. dulu pas semester 1, karena gua kira nilai gua jelek karena gua ngobrol terus sama temen2 (dan kebanyakan pacaran), gua memutuskan buat ga janjian sama siapa2 pas input kelas di semester 2. gua memutuskan buat idup sendiri. eh ternyata gua ketemu temen2 gua di kelas, cewek semua tapi --" yang biasanya ngajak gua ngobrol itu namanya andrik sama ester. di kelas senin, gua ketemu sama andrik, kelas selasa sama ester, rabu sama andrik, jumat ketemu keduanya. tapi ceritanya sekarang si andrik keluar, berhenti kuliah, dia daftar jadi polwan. dan si ester, well, something wrong with her. dulu dia baek banget mau ngajarin ini itu, kalo duduk, duduknya sebelah gua sambil ngajak temen2nya, abis gitu gua kenalan deh ama temen2nya. tapi akhir2 ini dia duduknya ngejauh, kalo pulang juga ga nyapa2 lagi, main pulang aja, sekedar nyapa pun enggak. kayaknya dilarang sama cowoknya deh --" haaaaah, jadilah gua individu yang tanpa temen kalo di kampus. bahkan temen untuk sekedar ngobrol aja pun gua ga punya. kalo ada kelas, sebelum nunggu dosennya masuk gua mainan nds ato mainan hape. dan itu terjadi setiap hari. idup sendirian ga segampang yang gua kira ya --" susah sih kenalan sama orang kalo dia lagi bergerombol sama temen2nya. gampang kalo dia keluar dari gerombolannya trus sama2 sendirian dan kita sebelahan, kenalannya lebih gampang.

susah juga kalo lagi pas pelajaran ga ngerti, trus malu mau nanya ke dosennya, mau nanya temen juga ga punya temen, hadeh. trus kalo mau ulangan, mau belajar bareng ga punya temen, kalo ga ngerti di ngerti2in jadinya --" tapi paling nyesek sih kalo disuruh bikin kelompok sendiri buat bikin makalah. karena yang lain biasanya mainnya kelompokan, gua yang sendirian cuma celingak celinguk cari temen. ikut AIH juga ga ngaruh, soalnya banyak yang gua kenal di AIH itu angkatan atas2 semua. jadinya ya, gua masih sendirian. rasanya tahun ini, kalo gua ga lulus SBMPTN, which is mean gua msih di ubaya, gua harus ikut ksm ato ukm buat nyari temen..

yah, itulah keluh kesah gua semester 2 ini, dan gua masih ada 6 minggu lagi untuk dihadapi sendirian ngoahahaha. kadang rasanya capek, pengen nyerah, pengen udahan aja, bukan bunuh diri tapi, pengennya gua sama keluarga gua pindah ke suatu tempat yang baru, mulai hidup baru sama orang2 yang baru, lingkungan yang baru, restart semuanya dari awal, sak badan2nya di restart. tapi kan ga mungkin, jadinya ya yaudahlah, hadapi aja. jadi orang yang berani hidup kalo kata pak ponco. lagian masalah gua ga ada apa2nya dibanding masalah orang2 di luar sana. masa iya gini doang nyerah, banci apa gua?